Cara Menggunakan Samsat Online Nasional (Samolnas)


Cara Menggunakan Samsat Online Nasional (Samolnas) - Samolnas adalah layanan jaringan elektronik untuk persetujuan STNK. Selain itu, Samolnas juga dapat melakukan pembayaran secara online untuk dana Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Dana Lalu Lintas Lalu Lintas Wajib (SWDKLLJ). Melalui layanan Nasional Samsat Online, tentu akan membuat lebih mudah bagi orang yang memiliki kendaraan untuk membayar pajak kendaraan bermotor mereka karena mereka telah berkolaborasi dengan bank regional, bank milik negara, dan juga bank swasta.

Cara Menggunakan Samsat Online Nasional (Samolnas)

Melalui samolnas, wajib pajak atau pelamar diharuskan mengunduh aplikasi Nasional Samsat Online di Google Play. Karena hanya melalui aplikasi Nasional Samsat Online, wajib pajak atau pelamar mendapat kode pembayaran untuk melakukan pembayaran pajak melalui ATM atau E-banking.

Kode ini hanya berlaku dalama jangka waktu yang sedikit sekita 2 jam, jika anda tidak cepat memberikan kodenya maka bisa saja kode tersebut kardaluarsa atau tidak bisa digunakan. Jadi jika Anda pergi ke melakukan pembayaran, wajib pajak atau pemohon harus melakukan registrasi ulang melalui aplikasi National Samsat Online.

Pendaftaran
Menu ini digunakan untuk mendaftar, menentukan pajak PKB, SWDKLLJ, dan mendapatkan kode pembayaran.

nfo Proses
Menu ini berguna untuk mengetahui proses yang telah Anda lakukan.

Info Pajak
Menu ini berguna untuk mendapatkan informasi tentang jumlah PKB dan SWDKLLJ.

E-TBPKB
Menu ini akan menunjukkan bukti pembayaran secara elektronik atau virtual.

E-Endorsement dari STNK
Untuk menu ini, ia akan menampilkan persetujuan STNK secara elektronik atau virtual.

Bukti Transfer
Menu ini digunakan untuk memindahkan E-TBK dan E-TBPKB E-Authorization dari satu ponsel ke yang lain.
Keluhan
Menu ini digunakan untuk menyampaikan keluhan tentang layanan Samolnas dalam bentuk kritik dan saran.

Panduan
Menu terakhir, tentu saja, berisi pedoman untuk menggunakan aplikasi Samolnas.

Bagaimana Cara Menggunakan Samsat Online Nasional (Samolnas)?

Nasional Samsat Online memiliki perbedaan dengan layanan atar provinsi dan kota, E-Samsat di mana data pemilik akun harus sama dengan data pemilik kendaraan yang terdaftar pada registrasi kendaraan. Sementara pembayaran Nasional Samsat Online dapat dilakukan melalui ATM / e-banking milik untuk diri sendiri atau orang lain. Setelah membayar pajak kendaraan melalui ATM / E-banking, ada sertifikat pendaftaran kendaraan yang harus diikuti oleh wajib pajak atu pemohon, termasuk:
  • Kirimkan persyaratan di jendela konfirmasi.
  • Petugas akan memasukkan data pada aplikasi Nasional Samsat Online dengan memasukkan Noreg / Nopol
  • Setelah pemilik dan identitas kendaraan serta status pembayaran muncul di layar komputer, petugas akan mengesahkan registrasi kendaraan dengan menempelkan stiker / stempel / elektronik ke kolom validasi pada registrasi kendaraan.
  • Selanjutnya petugas akan mencetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).
Batas waktu untuk bertukar bukti pembayaran dengan SKPD asli dan memvalidasi STNK adalah 30 hari sejak tanggal penerimaan tanda terima. Otorisasi untuk pendaftaran kendaraan hanya dapat dilakukan di Samsat dari mana kendaraan itu terdaftar.
  • Lakukan proses di belakang nama.
  • Pemblokiran dilakukan sehingga pada tahun berikutnya kendaraan tidak dapat melakukan pembayaran melalui Samsat Online Nasional dan harus membuat nama lagi.
Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) bersama dengan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Nasional mengintensifkan sosialisasi layanan Samsat Online (Samolnas) kepada para pembayar pajak kendaraan bermotor.

Mungkin cukup sampai disini saja yang akan kami sampaikan kepada anda tentang samolnas yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan pembayaran pajak secara online dengan menggunakan aplikasi.

Search This Blog

Powered by Blogger.