PENKES MORNING SICKNESS

.   
PENKES MORNING SICKNESS
  FASE ORIENTASI
1.      Memberi Salam => Assalamualaikum Ibu/Bapak
2.      Menawarkan Diri => Perkenalkan, saya adalah perawat intan nur. Boleh tau Nama ibu/ bapak siapa ?
3.      Menanyakan Keluhan pasien => Sebelumnya, ada keluhan apa yang bunda parmi rasakan ?
4.      Membahas kontrak waktu => jadi, untuk 7 menit ke depan, saya bakal membahas mengenai eluhan yang bunda parmi rasakan alias biasa di kenal dengan nama MORNING SICKNESS
5.      Membahas Tujuan perbuatan => Tujuannya supaya bunda parmi bisa mengenal lebih jelas mengenai morning sickness.
6.      Menanyakat kesiapan pasien => apakah bunda telah siap untuk mendengarkan serta memahami ?
B.     FASE KERJA
1.       Mengatur posisi pasien => Bunda duduknya telah enjoy ?
2.       Menanyakan mengenai penyakit / mengkaji pengetahuan => Sebelumnya apakah bunda tahu mengenai morning sickness alias mual pada bunda hamil ?
-apa bunda tahu faktor apa yang memicu terjadinya morning sickness ?
-lalu, perbuatan apa yang bunda perbuat untuk mengurangi rasa mual tersebut ?
3.       Membahas Perbuatan Khusus => Jadi begini ya bu,
=Pengertian =
Morning sickness adalah pusing, mual serta muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari. Pada berbagai wanita, morning sickness bahkan berlanjut hingga sepanjang hari. Morning sickness terjadi pada awal kehamilan. Biasanya timbul pada minggu ke 4 hingga berlanjut paling lama pada minggu ke 16.
= Penyebab serta Pemicu Morning Sickness =

    Rendahnya kadar gula dalam darah

adalah dampak dari perut yang kosong sebab tak terisi makanan, jadi memicu mual. Jadi ketika bunda mengalami morning sickness konsumsilah makanan dalam jumlah yang kecil tetapi tak jarang.

    peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin)

peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin) dalam tubuh juga adalah penyebab munculnya morning sickness. Seusai pelekatan embrio, tubuh bakal memproduksi serum HCG serta bakal semakin meningkat hingga minggu ke 12. Itulah mengapa pada tak sedikit wanita, morning sickness bakal menghilang seusai minggu ke-12.

    Hormon esterogen yang meningkat

Hormon ekstrogen yang meningkat bisa memicu muntah pada wanita hamil serta perut yang tertekan dampak perubahan rahim yang membesar pun menjadi penyebab mual.

    Progesteron (hormon kehamilan)

Progesteron (hormon kehamilan) membikin otot-otot menjadi lemas untuk mempermudah perlekatan embrio, faktor ini bakal berefek melambatnya kerja lambung serta pencernaan. Perlambatan kerja lambung ini mengdampakkan asam lambung berlebih sebab tak diimbangi pergerakan sistem pencernaan dalam mengangkut makanan. Berlebihnya asam lambung membikin kamu ingin mual serta muntah.
Makanan yang Disarankan Untuk Mengurangi Gejala Morning Sickness
1.  Makan dengan porsi kecil.
gangguan dari morning sickness bakal mempengaruhi pada asupan nutrisi jadi apabila dibiarkan bakal mengganggu perkembangan janin, yang wajib kamu perbuat adalah dengan membikin  jadwal makan. Pada saat kehamilan usahakan makan dengan jumlah yang sedikit tetapi terjadwal jadi pencernaan kamu bisa menerimanya. Pilih makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk memberbagi kegunaaan lebih selagi kandungan apalagi di trimester pertama untuk memperkuat janin anda.

3.  Menghindari makanan pedas serta berlemak.
Meskipun dirasa telah membaik ketika siang hari bukan berarti kamu bisa memberbagi asupan makanan tanpa kontrol disiang hari. Makanan pedas serta berlemak tidak hanya menggangu pencernaan juga bakal menggangu kamu sebab memicu morning sickness.Pertidak sedikit minum air putih jadi kamu terhindar dari dehidrasi pada saat kehamilan.

2.  Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu.
Ketika kamu bangun pagi jangan langsung beranjak dari tempat tidur ada baiknya kamu meperbuat berbagai menit untuk duduk serta bangun dengan cara perlahan. Berbagai wanita yang sedang hamil meperbuat tutorial menanggulangi morning sickness dengan menyediakan berbagai biskuit sebelum beranjak di tempat tidurnya untuk mengurangi mual yang berlebih di pagi hari. Jadi faktor yang paling baik untuk kamu yang tak terbiasa dengan makanan langsung seusai bangun pagi adalah memberbagi jeda istirahat terlebih dahulu.

4. Memberi peluang untuk Bertanya => Jadi, seusai saya jelaskan tadi, apakah ada yang ingin bunda tanyakan ?

C.    FASE TERMINASI
a.      Meperbuat Evaluasi perbuatan => coba, bunda parmi jelaskan kembali yang telah saya hinggakan tadi. Sesuai pemahaman bunda saja.
b.      Memberi pujian => keren, bunda telah memahaminya dengan keren serta lancar.
c.       RTL => Apabila bunda telah paham, di harapkan bunda parmi bisa menerapkan kiat serta pola nasib sehat dalam menyikapi morning sickness.
d.      Berpamitan => kalau tak ada yang bunda tanyakan lagi serta bunda telah jelas, saya akhiri hingga sini ya ibu. Semoga lekas sembuh. wassalam

Search This Blog

Powered by Blogger.